Jumat, 31 Agustus 2012

Cara Mengatasi Internet Lambat atau lemot


Cara-caranya sebagai berikut :
1.      Secara default, Windows menyimpan/membatasi 20% bandwith. Bandwith ini digunakan untuk “jaga-jaga” dan juga untuk memeriksa komputer agan dari situsnya Microsoft.

Ambil aja lagi bandwithnya. Caranya adalah :
·         klik Start–> Run–> typegpedit.msc
·         Ini untuk membuka group policy editor. Kalau sudah muncul windowsnya, masuk ke :
v  Local Computer Policy–> Computer Configuration–> Administrative Templates–> Network–> QOS Packet Scheduler–> Limit Reservable Bandwidth
·         Double click pada Limit Reservable Bandwidth. Disana ditunjukkan bahwa string ini belum diatur (not configured), pada tab Explain ada penjelasan :
·         “By default, the Packet Scheduler limits the system to 20 percent of the bandwidth of a connection, but you can use this setting to override the default.”
·         Jadi Trik yang kita lakukan adalah mendisablenya dengan mengeset nilainya menjadi NOL.

2.      Bikin Internet Explorer (IE) secepat Firefox
Kata orang IE memang browser yang paling payah, lelet, dan tidak stabil.Tapi ternyata ada trik untuk sedikit men-tune-up IE anda hingga kecepatannya bisa setara dengan Firefox.Caranya :
·      Klik start–> run
·      ketik regedit–> enter
·      Carilah folder HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\Curre ntVersion\InternetSettings
·      Klik kanan pada jendela sebelah kanan pilih–> New–> DWORD
·      Ketik MaxConnectionsPerServer–> beri nilai terserah agan (semakin tinggi nilai yang agan buat, semakin bagus kecepatannya, eg : 99)
·      Buat string DWORD baru lagi dengan cara yang sama–> ketik MaxConnectionsPer1_0Server
·      Lalu beri nilai yang tinggi seperti di atas
·      restart IE.

3.      Mempercepat browsing dengan DNS cache
Buka notepad dan COPAS kode di bawah ini :
[HKEY_LOCAL_MACHINESYSTEMCurrentControlSetServices|DnscacheParameters]
“CacheHashTableBucketSize”=dword:00000001
“CacheHashTableSize”=dword:00000180
“MaxCacheEntryTtILimit”=dword:0000fa00
“MaxSOACacheEntryTtILimit”=dword:0000012d
Simpan dengan nama dnscache.reg
Double click file ini di windows explorer, tekan “yes”.
4.      COPAS kode di bawah ini ke dalam notepad. Simpan dengan nama “cepat.reg”
REGEDIT4
[HKEY_LOCAL_MACHINESYSTEMCurrentControlSetServicesTcpipParameters]
“SackOpts”=dword:00000001
“TcpWindowSize”=dword:0005ae4c
“Tcp1323Opts”=dword:00000003
“DefaultTTL”=dword:00000040
“EnablePMTUBHDetect”=dword:00000000
“EnablePMTUDiscovery”=dword:00000001
“GlobalMaxTcpWindowSize”=dword:0005ae4c

5.      Bagi pengguna koneksi LAN
Berikut ini cara untuk mempercepat koneksi LAN :
·      buka registry editor (start–> run–> ketik regedit)
·      masuk ke HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows\Curr entVersion\Explorer\RemoteComputer\NameSpace dan DELETE key {D6277990-4C6A-11CF-8D87-00AA0060F5BF)
·      Tutup registry editor dan restart windows.

6.      Bagi pengguna koneksi internet dengan Broadband/DSL cobalah trik berikut ini
Buka registry editor dan masuk ke :
HKEY_LOCAL_MACHINESYSTEMCurrentControlSetServicesT cpipParameters
Buat string DWORD baru, dengan cara mengklik ‘Edit–> New–> DWORD Value’ dan buat nama-nama value dibawah ini :
DefaultTTL=“80?hex(atau128decimal).
EnablePMTUBHDetect=“0?
EnablePMTUDiscovery=“1?
GlobalMaxTcpWindowSize=“7FFF”hex(or32767decimal)
TcpMaxDupAcks=“2?
SackOpts=“1?
Tcp1323Opts=“1?
TcpWindowSize = “7FFF” hex (or 32767 decimal)
tutup registry dan restart computer.
7.      Kalo masih lelet, Beralih ke provider yang lebih canggih

Mengatasi Koneksi Internet Lambat
Hindari melakukan koneksi Internet pada saat jam-jam sibuk (padat trafik), yaitu antara sore hari hingga tengah malam.Kalau saya biasa surfing Internet kalau sudah lewat tengah malam, pasti akses Internet juga terasa cepat, hehehe. Kalau sobat yang biasa melakukan akses Internet sekitar jam segitu pasti akan terasa lambat, lalu bagaimana solusi lain mengatasi internet lemot? Untuk mencari signal Internet yang kuat, tentu akan lebih baik jika dipusat kota. Atau jika sobat melakukan koneksi dirumah mungkin Tips berikut dapat menjadi solusi.

Koneksi Internet
Menggunakan perangkat keras (Hardware) pendukung sebagai penguat signal. Mungkin bisa menggunakan Antena, hanya sayang saya tidak ada referensi bagaimana cara membuat Antena penguat signal Internet tersebut. Mungkin sobat bisa mencari referensi pada Web atau di Blog lain. Atau jika sobat tidak mau repot membuatnya, sobat bisa membeli Antena penguat signal untuk Internet tersebut di toko Elektronik, biasanya ada yang jual. Mungkin Tips berikut bisa menjadi alternatif lain untuk mengatasi Internet lambat, yaitu menggunakan sambungan kabel USB seperti yang saya gunakan. Lalu Letakkan modem tersebut setinggi-tingginya, lebih jauh jarak antara tanah dengan modem maka akan semakin bagus. Kalau perlu diatas atap rumah saja sekalian, hehehe. Katanya memang bisa memperkuat signal, dengan menggunakan sambungan kabel antena TV yang dipasang pada pigtail modem.
Coba lakukan PING, untuk mengetahui serta mengecek koneksi yang kita gunakan terputus atau tidak-nya. Caranya: pada menu pilihan START pada Windows, pilih RUN lalu ketik “ping www.google.co.id -t” (tanpa tanda petik) lalu pilih OK. Sobat juga bisa mengganti www.google.co.id dengan alamat Web yang ingin sobat PING, misal Facebook atau Twitter.Kalau PING dibawah 1000ms berarti masih bagus koneksi-nya.Tapi kalau terputus, adanya RTO (Request Timed Out) berarti akses Internet memang sedang GALAU, hohoho.
Saya pernah mengalami Koneksi Internet Lambat, tapi sewaktu melakukan PING, PING-nya terlihat lancar.Bisa jadi karena Komputer atau Laptop yang terkena virus sehingga menyebabkan akses internet menjadi lemot.Atau browser yang digunakan juga bisa menjadi penyebabnya, karena terlalu banyak plugin atau Add Ons yang terpasang pada browser.Dan dengan instal ulang Windows, waktu itu anehnya koneksi Internet menjadi normal kembali, hohoho.Mungkin sobat juga bisa coba, Instal ulang Windows.Tapi kalau tidak yakin Windows-nya terkena Virus ya jangan dilakukan, karena Instal ulang Windows itu tidak membutuhkan waktu yang sebentar.
Sebetulnya mungkin berbeda-beda cara dan Tips Mengatasi Koneksi Internet Lambat, jadi intinya kembali lagi pada faktor-faktor yang menunjang koneksi itu sendiri. Perangkat keras atau Hardware, paket Internet yang kita gunakan, ISP atau Broadband yang kita pilih.Tentu semua itu mendasari cepat lambatnya koneksi Internet.Kalau kita berlanggan paket yang memang sudah dibatasi kecepatan Internetnya, mau gimana lagi. Sejuta tips jitu Cara Mengatasi Koneksi Internet Lambat pun tidak akan mempan jika kondisinya seperti itu. Solusinya adalah gunakan modem yang memang bagus untuk Internet. Pilihlah ISP atau provider broadband yang sesuai dengan daerah sobat melakukan akses Internet, sobat bisa baca di artikel Tips Memilih Broadband Internet.Demikianlah pembahasan kali ini tentang Cara Mengatasi Koneksi Internet Lambat.

Penyebab Koneksi Internet Lambat - Karena banyaknya pencarian yang masuk pada postingan Tips Memilih Kartu Perdana Broadband Internet dengan kata kunci yang berhubungan dengan postingan kali ini yaitu Penyebab Koneksi Internet Lambat.Membuat sayapun mencari tahu ada apakah gerangan?hohoho. Khususnya koneksi Internet yang lambat pada bulan Maret sampai April tahun 2012 ini.Ya, memang terasa lambat yang lambatnya itu tidak seperti biasanya. Bisa jadi mungkin karena gangguan provider, tapi ini beda loh. Saking lambatnya jadi bikin jengkel juga, hehe.Membuat aktifitas ngeBlog-pun jadi terganggu. Apalagi kalau sobat yang hobi surfing internet atau nonton Film di Youtube, pasti merasakan kekesalan sama halnya seperti saya, betul? lalu apa penyebabnya? Adakah provider Internet tercepat 2012 yang bisa menjadi solusi untuk Koneksi Internet Lambat.
Nah loh, saya sendiri saja bingung kalau disuruh jawab pertanyaan seperti itu.Sulit juga kalau menjawab pertanyaan “Adakah Cara Mempercepat Koneksi Internet supaya tidak lambat” hohoho. Back to subject, Penyebab Koneksi Internet Lambat. Khususnya saat ini, dimana gangguan Internet yang dialami para pelanggan tidak hanya dari satu provider saja.Hampir semua provider mengalami kelambatan koneksi Internet, baik itu Smartfren, AS, XL, Telkomsel dan lain sebagainya.Hal ini saya ketahui ketika teman-teman di Facebook yang curhat di wallnya karena Koneksi Internet yang lambat. Atau mungkin dari provider Internet seperti AHA dan Flexi juga mengalami gangguan kelambatan.Koneksi Internet Lambat Pada dasarnya tidak hanya tergantung dari provider Internet yang digunakan. Lambat atau tidaknya koneksi Internet itu juga bisa jadi karena faktor dari kekuatan signal atau jangkauan signal yang berada di daerah dimana kita melakukan koneksi Internet. Apakah di sawah, perkebunan atau mungkin di hutan yang pasti akan terasa lambat, hehehe (just kidding).

Koneksi Internet
Faktor lain yang menjadi Penyebab Koneksi Internet Lambat adalah kemampuan Modem dalam menerima signal. Wah, jadi ingat kata Dosen saya di kampus.Beliau pernah menjelaskan Fungsi Modem sewaktu membahas Pengertian CDMA dan GSM serta Perbedaan CDMA dan GSM pada mata kuliah Pengantar Teknologi Informasi (PTI).Temperatur Modem karena lamanya penggunaan bisa jadi penyebab koneksi Internet lambat.Jika Modem Internet semakin panas, pastilah koneksi Internet juga lambat.Meskipun dibeberapa kasus tidak mengalaminya. Ada juga Modem yang bisa tahan walau sampai 24 jam non-stop dipakai Internatan, hohoho. Ya, itu kembali lagi pada kualitas Modem yang kita beli dari pasaran.
Faktor berikutnya adalah banyaknya user atau pengguna yang memakai akses Internet di jalur yang sama dan diwaktu bersamaan juga merupakan Penyebab Koneksi Internet Lambat. Umumnya pada saat jam istirahat, menjelang sore hingga sebelum tengah malam. Di beberapa provider biasanya besarnya kecepatan akses Internet sudah ditentukan berdasarkan jumlah pengguna yang dibagi. Jika batasan jumlah pengguna itu melebihi batasan yang sudah ditentukan, maka hal ini akan menyebabkan kecepatan Internet menjadi lambat karena harus dibagi ke beberapa jumlah pengguna lagi. Sebagai contoh koneksi Internet yang kita gunakan adalah sebesar up to 3Mbps, tetapi provider hanya membatasi untuk 30 pengguna, jika pengguna yang online bersamaan waktu itu sebanyak 90 pengguna. Maka sudah pasti provider akan membagi kecepatan tersebut menjadi sepertiganya. Itu kalau 3Mbps dibagi sepertiga menjadi 1Mbps pun masih dirasa cepat, menurut saya. Nah, kalau akses Internet dengan kecepatan 384kbps seperti yang saya gunakan, hehehe.
Penyebab Koneksi Internet Lambat juga bisa karena faktor eksternal yaitu perangkat keras (Hardware). Kualitas modem, keadaan kartu chip yang rusak, atau mungkin komputer atau laptop yang terkena Virus yang menyebabkan lambatnya akses Internet. Jika provider menyertakan kecepatan up to 3Mbps, bukan berarti juga kecepatan yang kita dapatkan akan ril sebesar itu. Namanya juga Up To (sampai dengan).Ditambah lagi dengan faktor-faktor pendukung yang menjadi Penyebab Koneksi Internet Lambat tersebut. Pasti akan terasa semakin lambat.

Cara Mengatasi Koneksi Internet Lemot, Priagoenks | Teknologi Terbaru 2011 - Siap yang gak pengen koneksi internetnya cepet.Semua orang pasti menginginkannya. Update status di akun jejaring sosial bisa cepat, proses download lancar, mau blogging lancar, dll. Sayang di negara kita hal itu saat ini mungkin sangat sulit untuk terealisasi. Dan sangat berbeda dengan negara-negara lain.

Eiit... Tapi jangan salah sangka dan kecewa sama negara sob. Kecepatan koneksi internet tidak hanya bergantung pada jasa ISP (Internet Service Provider) saja.Kecepatan koneksi internet juga bergantung pada beberapa faktor.Faktor yang paling penting disini yaitu komputer / laptop kita terbebas dari ancaman virus dan spesifikasi komputer yang kita pakai.

Ada beberapa cara untuk meningkatkan koneksi internet :

1. Setting bandwith Windows
Banyak yang belum mengetahui kalo Windows membatasi koenksi internet kita sebanyak 20% dari total bandwith yang ada. Untuk menambah bandwith internet agar koneksi bisa lancar yaitu dengan cara :

"Klik Start -> Run -> Ketik gpedit.msc -> OK"

Setelah itu "Klik Administrative Templates -> Network -> Qos Packet scheduler -> Klik Limit Reservable Bandwith". Setelah terbuka, ubah setting menjadi "Enable" (Tanpa tanda petik) dan ubah Bandwith Limit menjadi "0" (Tanpa tanda petik). Lalu klik "Apply / OK".Terakhir, restart komputer sobat.

2. Tweak Registry
Pertama "Klik Start -> Run -> Ketik regedit -> OK -> Cari HKEY_LOCAL_MACHINE/SYSTEMS/Current ControlSet/services/Tcpip/ServiceProvider". Ubah nilai :
DnsPriority = 1, HostsPriority = 1, LocalPriority = 1, NetbtPriority = 1. Restart komputer.

3. Untuk Mozilla Firefox 2.0 - Keatas
Setelah itu Setting LAN (Local Area Network), masuk ke Network Connection.

"klik Start -> Accesories -> Communication -> Network Connection -> Klik kanan pada koneksi internet yang digunakan -> pilih Properties -> centang Internet Protocol (TCP/IP), yang lain jangan dicentang".

Jalankan Lvllord Patch yang sudah didownload tadi.

"ekstrak Patch -> tekan C untuk mengubah nilainya -> Masukkan nilai 100 -> tekan Y untuk mengubah nilai". Restart komputer

Optimisasi SG TCP Optimizer.

"Install TCPOptimizer -> Jalankan programnya -> pilih kecepatan koneksi (misalnya 256k) -> pilih Optimal Setting -> Apply Changes -> OK". Restart komputer.

Install FireTune yang sudah didownload tadi.

"jalankan program -> klik Create backup configuration -> pilih jenis kecepatan dan koneksi -> klik Tune it".
Catatan :
Sebelum melakukan langkah-langkah diatas, catat semua settingan awal (default) dari masing-masing langkah. Ini bertujuan agar tidak ada kesalahan dan tidak mengalami kesulitan jika sobat ingin mengembalikkan settingan ke default.

Sebenarnya masih banyak cara yang bisa digunakan untuk mempercepat koneksi internet sobat. Ini hanya merupakan yang saya ketahui. Untuk cara lain atau kalo sobat belum puas, silahkan searching dan cari referensi lain untuk membantu mengoptimalkan koneksi internet sobat.

Semoga bermanfaat... ^_^

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar